Pentingkah Memasang CCTV Dirumah

Saat ini pemakaian kamera CCTV atau closed circuit television makin lama umum digunakan karena harganya yang makin lama terjangkau. CCTV biasanya digunakan untuk mengawasi suatu tempat di dalam atau di luar rumah, memantau kegiatan anak dan tingkah laku pengasuh anak, dan juga melindungi barang-barang punya nilai berasal dari pencuri.

Pekan lalu, Selasa (27/12/2016), penganiayaan dan pembunuhan sadis menimpa keluarga entrepreneur di sebuah perumahan mewah Jalan Pulomas, Jakarta Timur. Di dalam rumah itu terkandung CCTV yang berhasil mengungkap seluruh pelaku yang berjumlah 4 orang.

Peristiwa itu layaknya menegaskan betapa alat pengawas layaknya CCTV mutlak untuk digunakan, lebih-lebih mereka yang tinggal di kawasan yang rawan kejahatan atau kerap meninggalkan rumahnya dalam situasi kosong.

Biaya pembelian alat dan pemasangannya sebetulnya relatif tidak murah. Hasil pemantauan Ceme berasal dari sebagian toko daring di Indonesia, harga CCTV berkisar berasal dari Rp300 ribuan sampai Rp92 jutaan, pastinya bergantung bersama dengan jenis-jenis CCTV yang akan digunakan nantinya.

Harga pemasangan CCTV untuk rumah atau gedung perkantoran pastinya berbeda. Berdasarkan Info yang kami dapatkan berasal dari salah satu penyedia jasa keamanan di Jakarta, untuk pemasangan CCTV di gedung perkantoran menggunakan ongkos Rp31.610.000 bersama dengan spesifikasi standar sebagai berikut:

17 unit kamera indoor 1,3MP brand Hikvision DS-2CE55F4P (Rp400 ribu/unit),
1 unit kamera outdoor 1,3MP brand Hikvision DS-2CE15F4P untuk outdoor (Rp450 ribu/unit),
1 unit DVR Avtech 16 channel (Rp3.500.000),
1 unit DVR Avtech 4 channel (Rp1.850.000),
2 unit Hardisk masing-masing 4TB dan 1TB (Rp3.250.000),
Power supply dan material pendukung lainnya dan juga ongkos pemasangan.
Meski harga CCTV makin lama tidak mahal untuk sementara ini, tetapi tidak seluruh orang rela menggunakannya.

Mengapa?

Di satu sisi CCTV sebetulnya bisa menjadi alat untuk menolong merampungkan tingkat kejahatan, tetapi di sisi lain CCTV bisa diakui sebagai alat untuk memata-matai seseorang.

Jenis CCTV
CCTV termasuk banyak macam jenisnya. Secara garis besar, ada 3 model CCTV yakni analog, digital, dan IP Camera. Namun saat ini ini, CCTV analog udah sangat minim dijual atau lebih-lebih tidak ada. Kualitasnya udah tertinggal bersama dengan teknologi digital yang memiliki kwalitas tinggi dan IP Camera yang serba digital.

IP Camera relatif lebih ringan untuk dipasang karena bisa segera dihubungkan ke perangkat computer atau gawai via akses internet. Kamera analog wajib mengfungsikan alat tambahan yang disebut Digital Video Recorder (DVR) yang bertugas merekam video dan memberi tambahan akses ke perangkat computer atau gawai.

Meskipun harga satuan kamera analog bisa lebih tidak mahal berasal dari IP camera, harga perangkat DVR biasanya merupakan komponen termahal pada sistem CCTV analog. Oleh karena itu, ada perangkat DVR membuat CCTV analog hanya efisien untuk jumlah CCTV yang banyak (4 ke atas).

Untuk pemakaian CCTV sebanyak satu atau dua saja barangkali akan lebih efisien kecuali mengfungsikan IP Camera karena bisa digunakan satuan dan punya fitur akses segera ke internet/komputer tanpa perangkat tambahan. Tentunya untuk bisa menghubungkan, Anda memerlukan jaringan Wi-Fi atau LAN untuk akses internetnya.

Penempatan CCTV
Lalu model CCTV apa saja yang cocok untuk dipasangkan di dalam atau di luar rumah? Kemudian bagaimana penempatannya, apakah wajib disembunyikan (kamuflase) atau kelihatan jelas? Kami memberikan ulasannya.

Jika ingin memasang kamera CCTV di luar ruangan, Anda wajib mempertimbangkan apakah model kamera punya kapabilitas pemantauan di malam hari (night vision). Biasanya kamera luar ruangan wajib punya fitur berikut sehingga tetap bisa memantau di malam hari.

Sebaliknya kecuali ingin memasang CCTV di dalam rumah, pemakaian model CCTV model biasa tanpa wajib fitur night vision. Namun kecuali ruangan yang ingin dipantau dalam situasi gelap, pemakaian CCTV bersama dengan fitur night vision patut untuk dipertimbangkan.

Kamera luar ruangan termasuk memerlukan mutu material yang baik sehingga bisa tetap beroperasi sementara situasi panas atau dingin, dan juga bisa beroperasi dalam segala cuaca.

Kamera yang diletakkan tersembunyi termasuk merupakan pilihan yang bagus kecuali Anda ingin keberadaan kamera tidak diketahui oleh orang lain, dalam hal ini orang yang dipantau. Ukuran kamera tersembunyi biasanya lebih kecil dibandingkan bersama dengan kamera biasa.

Kamera tersembunyi barangkali bisa dikatakan sebagai sistem CCTV paling ampuh dalam mengawasi kegiatan di rumah. Beberapa kasus kejahatan di rumah berhasil terungkap karena sang pelaku tidak mengerti gerak geriknya terekam kamera sehingga lebih susah untuk menutupi bukti-bukti kejahatannya.

Salah satu perusahaan elektronik ternama di Tiongkok, yakni Xiaomi termasuk sebagian kali meluncurkan kamera yang bisa digunakan layaknya CCTV. Harganya yang bisa dikatakan tidak mahal hanya kira-kira Rp300 ribuan ini termasuk tak kalah fungsinya kecuali dibandingkan bersama dengan CCTV berukuran besar.

Selain bisa dibawa ke mana saja, CCTV milik Xiaomi ini termasuk bisa dikendalikan jarak jauh mengfungsikan gawai.

Sebenarnya, CCTV berukuran besar layaknya yang berwujud dome lebih menguntungkan karena bisa menjangkau tempat lebih luas dibandingkan kecuali wajib letakkan petugas keamanan pasti saja bisa kurangi pengeluaran berasal dari si pengguna CCTV tersebut.

Dan kecuali ada tindakan atau hal yang tidak diinginkan bisa menjadi barang bukti yang akurat kecuali dibandingkan petugas keamanan, karena manusia bisa saja berkelit atau berbohong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *